THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 06 September 2011

strategi belajar Matematika (ISBM)

sebelum membahas lebih lanjut, ada beberapa pendapat mengenai pengertian dari interaksi dan strategi belajar. setelah itu baru kita lanjut ke lebih khususnya. yaitu matematika....
A. Pengertian
   1. Interaksi adalah suatu hubungan timbal balik yang terjadi antar makhluk hidup, suatu kejadian tidak dapat dikatakan sebagai interaksi jika dalam hal tersebut hanya terdapat satu individu, interaksi dapat terjadi dengan adanya dua individu. sehingga dapat dikatakan interkasi adalah sebuah proses atau kejadian yang dapat terjadi dengan beberapa syarat, minimal adanya dua individu dan adanya respon dari salah satu individu.

B. Interaksi dalam proses Belajar dan Pembelajaran
Jika berbicara mengenai belajar, sudah pasti terbesit difikiran kita mengenai siswa dan guru. itu mungkin baru haL kecilnya saja, memang jika kita sudah berfikir mengenai hal diatas, pasti yang pertama kali terbesit difikiran kita pasti ada siswa ada guru, baru terjadi proses interaksi. Nah memangn hal yang paling utama yang dibutuhkan sebagai interaksi dalam pembelajaran yaitu adalah guru dan siswa.

Jadi proses belajar mengajar merupakan proses kegiatan interaksi antara dua unsur manusiawi yakni siswa sebagai pihak yang belajar dan guru sebagai pihak yang mengajar. Dalam proses interaksi tersebut dibutuhkan komponen pendukung (ciri-ciri interaksi edukatif) yaitu (1) Interaksi belajar mengajar memiliki tujuan : yakni untuk membantu anak dalam suatu perkembangan tertentu. Interaksi belajar mengajar sadar tujuan, dengan menempatkan siswa sebagai pusat perhatian siswa mempunyai tujuan, (2) Ada suatu prosedur (jalannya interaksi) yang direncanakan, didesain untuk mencapai tujuan yang telah dilaksanakan. Dalam melakukan interaksi perlu adanya prosedur, atau langkah-langkah sistematik yang relevan, (3) Interaksi belajar mengajar ditandai dengan satu penggarapan materi yang khusus. Materi didesain sehingga dapat mencapai tujuan dan dipersiapkan sebelum berlangsungnya interaksi belajar mengajar, (4) Ditandai dengan adanya aktivitas siswa. Siswa sebagai pusat pembelajaran, maka aktivitas siswa merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya interaksi belajar mengajar, (5) Dalam interaksi belajar mengajar guru berperan sebagai pembimbing. Guru memberikan motivasi agar terjadi proses interaksi dan sebagai mediator dan proses belajar mengajar, (6) dalam interaksi belajar mengajar membutuhkan disiplin. Langkah-langkah yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan, (7) Ada batas waktu. Setiap tujuan diberi waktu tertentu, kapan tujuan itu harus dicapai, (8) Unsur penilaian. Untuk mengetahui apakah tujuan sudah tercapai melalui interaksi belajar mengajar.( Titin, 2003:10)

0 komentar: