THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 09 Oktober 2011

Hakekat Matematika dan Matematika Sekolah

matematika adalah hal yang paling banyak tidak di sukai oleh orang banyak orang, terutama para pelajar. banyak dari mereka pusing dengan rumus-rumus matematika yang begitu banyak, sehingga menyulitkan mereka untuk memahami matematika, ada seorang yang mengatakan jika akan mudah memahami matematika jika terdapat definisi terlebih dahulu, namun definisi yang digunakan bukan definisi matematika aksiomatis, melainkan definisi matematika sekolah. dibawah ini adalah hakekat matematika:

• Matematika merupakan kegiatan penelusuran pola dan hubungan
- memberi kesempatan siswa untuk melakukan kegiatan penemuan dan penyelidikan pola-pola untuk menentukan hubungan.
- memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan percobaan denga berbagai cara.
- mendorong siswa untuk menemukan adanya urutan, perbedaan, perbandingan, pengelompokan, dsb.
- mendorong siswa menarik kesimpulan umum.
- membantu siswa memahami dan menemukan hubungan antara pengertian satu dengan yang lainnya.
Matematika adalah kreativitas yang memerlukan imajinasi, intuisi dan penemuan
- mendorong inisiatif dan memberikan kesempatan berpikir berbeda.
- mendorong rasa ingin tahu, keinginan bertanya, kemampuan menyanggah dan kemampuan memperkirakan.
- menghargai penemuan yang diluar perkiraan sebagai hal bermanfaat dari pada menganggapnya sebagai kesalahan.
- mendorong siswa menemukan struktur dan desain matematika.
- mendorong siswa menghargai penemuan siswa yang lainnya.
- mendorong siswa berfikir refleksif.
- tidak menyarankan penggunaan suatu metode tertentu.
• Matematika adalah kegiatan problem solving
- menyediakan lingkungan belajar matematika yang merangsang timbulnya persoalan matematika.
- membantu siswa memecahhkan persoalan matematika menggunakan caranya sendiri.
- membantu siswa mengetahui informasi yang diperlukan untuk memecahkan persoalan matematika.
- mendorong siswa untuk berpikir logis, konsisten, sistematis dan mengembangkan sistem dokumentasi/catatan.
- mengembangkan kemampuan dan ketrampilan untuk memecahkan persoalan.
- membantu siswa mengetahui bagaimana dan kapan menggunakan berbagai alat peraga/media pendidikan matematika seperti : jangka, kalkulator, dsb.
• Matematika merupakan alat berkomunikasi
- mendorong siswa mengenal sifat matemaika.
- mendorong siswa membuat contoh sifat matematika.
- mendorong siswa menjelaskan sifat matematika.
- mendorong siswa memberikan alasan perlunya kegiatan matematika.
- mendorong siswa membicarakan persoalan matematika.
- mendorong siswa membaca dan menulis matematika.
- menghargai bahasa ibu siswa dalam membicarakan matematika.
. matematika merupakan ratu ilmu.
maksudnya yaitu matematika dapat digunakan di semua bidang ilmu pengetahuan, contohnya dalam ilmu fisika, dalam ilmu fisika terdapat teori yang merupakan konsep yang menerangkan suatu kejadian. perhitungan-perhitungan yang digunakan itulah nanti yangmenggunakan tekhnik perhitungan matematika.

0 komentar: