THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 30 Oktober 2011

PERKEMBANGAN PENGAJARAN MATEMATIKA

A. Perkembangan Pengajaran Matematika di dalam negeri
Dinegara Indonesia pada tahun 1970 pengajaran matematika dikenal dengan nama berhitung. dalam hal ini juga dikenal Pengajaran Matematika Tradisional. pengajaran matematika tradisional dikenal dengan metode menghapal tanpa diberi tahu terlebih dahulu konsep dari apa yang ingin diajarkan. pengajaran matematika tradisional ini sangat kurang efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. kelemahan-kelemahan dari pembelajaran matematika tradisional yaitu keterampilan berhitung dan proses menghapal yang sifatnya mekanis lebih diutamakan tanpa usaha untuk memahaminya, pengajaran matematika lam(berhitung) kurang memberi rangsangan pada siswa untuk bermotivasi dan memacu keingintahuan pada diri mereka,materi dalam berhitung lama tidak berkesinambungan, dalam berhitung lama topik matematika yang diberikan kurang ada hubungan dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari, berhitung lama kurang memerhatikan ketepatan bahasa.
B. Pengajaran Matematika di luar Negeri
Pada pertengahan abad ke-20  di Amerika Serikat terdapat beberapa proyek pengajaran matematika. matematika modern memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Menentukan pada pengertian dan penemuan
matematika modern mengandung penemun, logika yang akurat, membedakan bilangan dari lambang bilangan atau angka.
2. Matematika modern memuat materi baru.
3. Pendekatan materi dalam matematika modern adalah matematika deduktif.
4. Dalam matematika modern ketepatan bahasa sangat diperhatikan.
5. Matematika modern sangat menekankan pada struktur.

Pengajaran Matematika di beberapa negara
Berdasarka hasil kunjungan Prof. E. T. Ruseffendi kebeberapa negara diperoleh laporan bahwa pengajaran matematika sekolah dasar di RRC adalah formal. cara mengajar adalah ceramah, anak duduk dengan rapi mendengarkan guru.

0 komentar: